Sunday, May 30, 2010

DPR (Dewan Pembobrok Rakyat)

haloooooo, selamat sore para pembaca. tumben deh gue ngeblog sore-sore. tanya dong kenapa ? haha soalnya gue gateeeeel banget ya pengen nulis tentang hal yang tadi gue denger di john pantau. YA. John Pantau. acara televisi yang menurut gue sangat bagus dalam hal sindir menyindir. jadi hari ini john pantau sedang membahas tentang kasus DPR yang hendak memperbaiki gedungnya dengan uang sekitar 1,2 triliun. WOW. gila ya. 1,2 triliun loooooh. itu besar sekali. mungkin kalo gue dikasi itu gue akan tenggelam di kolam uang kayak pamar gober terus ga bangun lagi saking shoknya. hahahahaha. ya iyalah. hanya untuk memperbaiki gedung sampai membutuhkan uang 1,2 triliun ? emang mau diapain aja gedungnya ?? dicat warna emas terus dikasi berlian di tiap pegangan pintu? atau jangan-jangan di temboknya mau dikasi wallpaper duit ? hahaha maaf ya no offense. tapi gue kecewa aja ngeliat acara john pantau hari ini. tadi ada beberapa rakyat kecil yang ditanyain. ada pemulung sampah, ada yang tinggal di kolong jembatan, dan ada buruh cuci. mereka ditanyain tentang rencana DPR yang hendak memperbaiki gedungnya dengan uang 1 triliun itu. dan apa jawaban mereka ? mereka sangat menolak keras. mereka merasa untuk apa uang sebanyak itu hanya untuk memperbaiki satu gedung ? padahal jelas2 banyak yang lebih membutuhkan. contohnya sekolah-sekolah yang atapnya uda mau rubuh, bocor, terus rakyat kecil yang penghasilan per harinya bahkan mungkin setara sama uang ngopinya DPR kalo lagi istirahat (atau mungkin kopinya DPR lebih mahal??) mereka sangat amat jauh banget lebih membutuhkan ya. tadi ada yang bilang "untuk apa dibangun gedung2 mewah? memang gedung mewah menjamin kinerja perkerjanya bagus? kenapa uangnya ga digunakan aja untuk memperbaiki sekolah-sekolah?" ada juga yang bilang "kenapa uangnya ga buat kami saja rakyat kecil?" lalu yang terakir ibu-ibu buruh cuci yang pas diwawancara ampe nangis dia bilang "bapak saya aja kalo kerja paling hanya dapat 20 ribu sehari, kalau lagi rame paling 25 ribu. hanya segitu mas. padahal kami butuh untuk biaya anak-anak sekolah, untuk biaya makan" kasian banget kan ? lalu pas diwawancara salah satu anggota DPR tentang pembangunan ini, lo tau jawaban dia apa ?

"uang satu triliun itu nothing. kalau gedungnya bagus kita bisa tingkatkan kinerja DPR-nya. dengan meningkatkan kinerja itu kita menghemat 120 juta. kalo ditingkatkan lagi bisa dihemat lagi 10% jadi 120 juta lagi. kita bisa menghemat 240 juta. itu lebih efisien"

WOOOOW. standing ovation deh ya buat DPR. hebat banget bisa ngomong 1 triliun tuh nothing. emang lo pikir duit 1 triliun tuh dari siapa ? duit rakyat juga kan ? enak banget bisa bilang nothing, yaiyalah kan buat duit anda ya Pak, ya ? hahahaha. kok ga malu sih ngomong kaya gitu di acara TV yang disebar ke seluruh antero indonesia ? kalo lo didemo juga ciut Pak. ck. begini nih, ini yang namanya DPR di Indonesia, hanya diisi oleh orang2 manja yang egois, cuma mau enak, berasa uda paling berjasa ampe harus dikasi yang terbaik. yang namanya DPR itu kan kepanjangan dari Dewan Perwakilan Rakyat, bukan Dewan Pemeras Rakyat kan ? ooops, atau yang bener yang kedua ya ? gue kok lupa banget sih. apa sih kepanjangannya ? haha. tolong dong sadar ahai kalian anggota DPR, kalian udah dikasi mobil toyota crown, belom puas ? kalo dikasi mobil carry entar marah-marah lagi dikira naik angkot hahahha. yaudah dong plis ya puas. masa masih mau minta bangun gedung segala alasannya takut rubuh ? emang ada bagian atap yang jatoh tiba-tiba pas rapat ? haduh suka lebay deh-_- uda gitu tadi di john pantau ditanyain ya ke ahlinya, dengan uang 1,2 triliiun itu sebenernya bisa bikin berapa gedung ? terus katanya bisa bikin 2 gedung! okelah 2 gedung dengan catatan gedungnya biasa-biasa aja ya ga neko-neko. atau bisa bikin 1 gedung dengan interior yang oke punya. tapi emang DPR mau bikin 1 gedung dengan interior megah ? buat apa ? gimana kalo bikinnya 1 gedung aja yang biasa dan sederhana lalu sisanya dikasih ke rakyat kecil untuk pembangunan ? lebih baik kan ? amal, dapet pahala, ga dihujat rakyat.

yaaaampuuuuuun betapa mengenaskan yah orang-orang tinggi di negeri kita. orang susah di depan mata, tapi gaada yang peduli. kasian. gue aja yang tergolong biasa aja kalo mau sesuatu harus nabung, atau ga nentuin prioritas. apa mereka harus gue ajarin gimana cara bikin catatan prioritas ? nih ya, yang ga perlu ditunda dulu. cari yang paling penting. nanti tabung lagi untuk beli yang belum kebeli. jangan semua-muanya mau dimiliki di saat bersamaan. itu namanya skala prioritas. begitu om, tante. bahkan ampe sule dan nunung aja bilang mending duitnya dipake untuk pendidikan karena pendidikan berguna untuk bibit-bibit pemimpin masa depan.

haaaah oke deh gue rasa segini aja dulu gue cuma tadi bete aja denger jawaban bapak-bapak setengah baya di TV yang bilang "satu triliun itu nothing" padahal kalau duit dia yang diambil segitu juga dia nangis jejeritan gue yakin. akhir kata gue setuju sama kata-kata Pak Ruhut Sitompul,

"jadi anggota dewan rakyat itu memang beresiko. kalau memang sudah mau ya tanggung dong resikonya. mati ketiban gedung saat sedang rapat itu ya resiko. JANGAN MANJA."


selamat sore.

2 comments:

  1. distiiii emuah banget buat post lo yang satu ini (berarti yang laen ngga ye ahahahg). anjirlah satu triliun itu nothing. gw pernah denger "katanya" gedung yang lama tuh udah mo roboh gara udah miring 8 derajat. kata seorang pakar, yee gedung miring 8 derajat udah berasa banget kali dan pastinya udah ngga bisa dipake lagi kan masa baru nyader sekarang. ngasal banget ye alasannya. yodah deh, makin kritis ya akakakakak.

    ReplyDelete
  2. dedek gue baru baca komen lo. iya dek gue waktu itu kesel banget dia ngomong gitu yah pake bawa efisiensi. lo benerin dulu dong kerja lo baru nuntut ini itu. kebiasaan deh maunya dapet untung mulu sialan-_-

    ReplyDelete