Tuesday, July 27, 2010

how mom loves me

halo blogger, pagi ini entah mengapa gue pengen banget cerita tentang nyokap gue. nyokap gue yang kolot, nyokap gue yang selama ini gampang ngomel, nyokap gue yang selama ini gue kira pilih kasih, now i just known how much she loves me.

yah cerita ini dimulai dari pertengkaran gue dengan dia tadi malam. hanya disebabkan oleh masalah yang menurut gue amat sangat sepele : gue kebanyakan pergi dan pulang malam, sedangkan gue belom selesai ngurus berkas unpad yang bakal gue bawa hari rabu ini.
kmrn gue sampe rumah jam 9an. gue emang pergi dari jam setengah 11 pagi. gue nabung dulu di bank, trs main deh sampe malem. gue ketemuan ama dinar ama tami karena emang minggu ini gue ga banyak waktu ama mereka, jadi ya gue pikir apa salahnya ngabisin waktu sampe malem. gataunya itu malah bikin nyokap gue senewen. nah sampe dirumah gue langsung mandi dan beresin berkas unpad gue. disini kesalahpahaman itu terjadi. bokap gue bilangnya mau beliin materai sehari sebelumnya. nah gue berasumsi kalo yaudah yang beli materai bokap yang urus foto gue. gataunya pas malem-malem gue mau nempel, kata bokap belum dibeliin. gue kesel lah. gimana sih kok ga dibeliin orang dia bilangnya dia yang mau beli. terus bokap mulai nyalahin gue. dia bilang kenapa gue ga ingetin dia blablabla, terus dia bilang gue ga perhatian sama kuliah gue sendiri lalala. gue kesellah. orang bukan salah gue. terus karena bawaan capek juga, gue jadi gampang marah terus gue jadi bentak-bentak. jujurnya, gue marah karena kalo ga selese sekarang berarti besok gue harus jalan beli materai dan gue males banget. akirnya abis marahan gitu, gue kesel dan gue masuk kamar mak gue buat tidur.

nah inilah awal mula gue berantem sama nyokap gue. nyokap mulai nasehatin gue, katanya gue harus urus sendiri. gue ga terima dong. gue ngerasa gue uda urus bagian gue, cuma gara-gara kesalahan bokap gue, jadi gue yang dianggap ga tanggung jawab. nah karena gue mulai ngelawan, dari situlah pertengkaran dimulai. nyokap ngomong gue ga boleh pulang malem lagi mulai besok. apalagi kalo pergi dari pagi. gue kesel. orang gue mau abisin waktu ama temen-temen gue, kok malah dilarang. gue berdebat ama dia. gue bilang gue ga pernah ngelanggar aturan dia buat pulang ga lebih dari jam 10. terus dia ngomong gue 2 hari yang lalu pulang setengah 11. oke fine gue emang pulang jam segitu, tapi itu sekali pertama setelah sekian lama gue pulang jam 10 terus. nah dari situ gue kesel dan gue mulai nangis. entah kenapa gue ngerasa nyokap gue selalu ga adil ama gue. nyokap gue lebih sayang sama kakak gue. fine, itu yang gue rasakan kemaren malem. dan saking ga tahannya gue bilang ke dia "mama gatau kan perasaan aku selama ini, mama selalu lebih sayang ke mas dipta. mama pilih kasih" terus nyokap gue bilang "pilih kasih apa? mama perlakuin kamu sama kaya mas" terus gue bilang gue sakit hati karena nyokap gue pernah bilang gini pas tante gue mau kasi gue uang sama kaya kakak gue "kakak dikasinya lebih gede dong, adek lebih kecil" gimana gue ga kesel. terus gue bilang, dan nyokap gue ngomong "ya kan kebutuhan kalo uda lebih gede juga beda" terus gue bilang sambil nangis "ma, aku sama mas uda sama-sama besar. kebutuhannya juga uda sama. kecuali kalo mas kuliah aku masih smp, boleh mama ngomong gitu" nah dari situ pertengkaran gue mulai memuncak. gue bener-bener uda di bates gue. dan akirnya gue bilang "yaudah mama urus aja tuh anak mama aku kan bukan anak mama" terus nyokap gue bilang "emang" dan gue nangis banget pas nyokap gue ngomong gitu. sakit ati banget rasanya. terus gue mau tidur, tiba-tiba bokap gue masuk dan bilang ke nyokap gue (disangka gue uda tidur) : "disti kok sama diri sendiri ga ngurusin sih" gue langsung panas lagi terus gue bilang "aku uda urus papa. foto aku uda urus, materai kan bagian papa" tapi tetep aja bokap gue kaya ngecap gue ga tanggung jawab. ampe akirnya gue muak, gue keluar bawa bantal sama guling gue dan gue teriak "aku gamau masuk unpad, aku mau di unj aja sama mbah!" terus bokap gue bilang "yaudah terserah" dan gue langsung ke depan. gue nangis diruang tamu. sendirian. sesenggukan. mbah gue manggil gue diemin. gue sebel banget sama nyokap bokap gue.

sampe akirnya tiba-tiba pintu kamar gue dibuka, dan tante gue keluar. tante gue langsung meluk gue, terus nanya gue kenapa. gue cerita semuanya ama dia. gue cerita gue ngerasa di anak tiriin. gue cerita apa yang gue rasain semuanya. sampe akirnya tante gue nenangin gue. tante gue cerita dulu dia semasa kecil juga sama kaya gue, suka ngerasa dianak tiriin. dia suka iri sama nyokap gue karena nyokap gue selalu dibanggain sedangkan dia, sama kaya gue. kakak gue pinter banget, masuk itb, selalu jadi kebanggaan orang tua. gue? gue ga gitu pinter. gue ga suka sains sedangkan orang tua gue dua-duanya orang sains. gue ga kaya kakak gue yang suka dirumah, gue lebih suka keluar buat cabut ama temen-temen gue. gue ga bisa dibanggain sebangga orang tua gue sama kakak gue. at least, itu yang gue rasain. gue kadang malu, cuma ya mau dikata apa? tante gue cerita tentang dia dulu dan gimana dia akirnya ga iri lagi. tiba-tiba ada satu perkataan dia yang bikin gue nyadar banget bahwa nyokap gue sayang banget ama gue. dia bilang waktu di belanda nyokap gue cerita sambil nangis katanya "disti suka ngerasa iri sama masnya, padahal aku selalu perlakuin dia sama kaya masnya. aku kurang apa buat disti?" gue sedih banget dengernya. ternyata selama ini mak gue ngerasa kaya gitu. terus tante gue juga bilang "mamamu itu bangga banget loh pas kamu masuk unpad, apalagi kamu jalur smnptn. dia ampe ngomong, aku bangga disti masuk unpad, gapapa keilangan duit aku rela. itu artinya dia sayang banget loh dis sama kamu" tante gue bilang gitu dan gue langsung saat itu sadar, nyokap gue ga pernah pilih kasih, kalaupun dia seolah-olah melakukan itu, mungkin dia juga ga sadar kalo lakuin itu. akirnya setelah dinasehatin sama tante gue, gue janji buat berubah. gue gamau kebanyakan keluar lagi. gue mau ngeluangin waktu buat keluarga gue. sedih juga gue pas tau tante gue ternyata sebel karena dia lagi disini dan gue ga nemenin dia. padahal pas dia di belanda gue selalu bilang kangen pas uda disini malah kaya gitu. hah, andai gue masih punya banyak waktu, gue bakal temenin tante gue deh :( sedih bangeet

dan akhirnya yaudah abis dinasehatin gue sadar, gue ke kamar nyokap bokap gue. gue cium nyokap gue terus gue bisikin "mama maaf" gitu juga sama bokap gue. bokap gue bangun terus nanya "uda semua berkasnya?" terus gue bilang "uda. besok aku mau beli materai" terus nyokap gue ga bangun. tapi gue yakin dia sebenernya bangun cuma pura-pura aja ga bangun.
dan yaudah gue doa, minta maaf buat semua perlakuan gue tadi dan janji bakal jadi anak yang lebih baik, yang bisa dibanggain orang tua, yang lebih care sama keluarga ketimbang temen dan pacar. pas pagi-pagi, tiba-tiba nyokap gue nyiumin gue, terus sambil nangis dia bilang "mama tuh sayang sama adek. mama ga bedain mas ama adek" terus gue peluk dia terus gue ngomong "iya aku tau, maafin aku ya. mama jangan nangis lagi" terus gue bilang "nanti aku pergi sama tami, tapi pulangnya sore, ga malem. janji" terus dia nanya "uda ada duitnya belom?" gue jawab belom dan dia ke kamar ambil duit untuk gue.

haaaah akhir kata, gue pengen sampein ke para bloggers, sengerasa irinya elo sama sodara lo karena mungkin orang tua lo lebih sayang ke mereka daripada ke lo, coba lo pikirin lagi bener atau ga. karena seperti kata tante gue, setiap orang tua yang sayang anaknya akan berusaha adil dan gimanapun juga yang namanya sodara pasti bakal ada aja yang ngerasa diperlakuin ga adil. kalo lo ngerasa gitu, coba instropeksi apa yang selama ini orang tua lo lakuin. mungkin ga sama persis tapi percayalah mereka selalu adil.

oke, sekian aja cerita gue. gue hari ini janji sama diri gue sendiri gue ga akan iri lagi sama kakak gue, gue ga akan bilang nyokap gue pilih kasih, gue ga akan ngerasa di anak tiriin lagi. gue janji gue akan belajar yang bener mulai hari ini, dapet IP yang tinggi biar bisa kerja di perusahaan asing dan bikin bangga orang tua gue.

MOM, I LOVE YOU. DAD, I LOVE YOU. AND I KNOW, YOU BOTH LOVE ME :)

No comments:

Post a Comment